Minggu, 06 Januari 2013

KOMPLEKS MUSEUM BATAK T.B SILALAHI CENTER SEBUAH PANORAMA INDAH DITEPI BALIGE

PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Balige merupakan salah satu daerah yang berada di provinsi Sumatera Utara dan merupakan sebuah daerah yang cukup banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan asing maupun dari turis mancanegara. Yang dikarenakan adanya keindahan lansekap dari panorama danau toba yang mengelilingi daerah ini. Selain adanya keindahan dari pemandangan danau toba ini para turis lokal maupun mancanegara juga dapat menyaksikan  berbagai destinasi wisata di wilayah Toba, seperti Museum Batak, Makam Sisingamangaraja ke - XII, Gedung TB Silalahi Center, Makam Nomensen, Taman Eden 100, Huta Batak (Perkampungan Batak), Panorama Hutaginjang, Pemandangan Dolok Tolong dan Panorama Tarabunga Balige. Di samping itu kedepannya sedang dibahas “Taman Bumi Geopark Toba” akan segera diwujudkan oleh Pemerintah se-Kawasan Danau Toba dalam meningkatkan kepariwisataan di daerah ini.
            Salah satu potensi yang sangat baik dikembangkan didaerah Balige ini khususnya dalam meningkatkan pendapatan daerah dengan kompleks yang cukup luas yaitu      mencakup museum batak modern terbesar, museum koleksi dan sejarah pribadi Bapak  T.B. Silalahi, gedung pertemuan skala internasional, kampung Batak, Ruma Bolon, hingga restoran, kolam renang serta pusat kerajinan tangan dan karya seni Sumatera Utara. Konon, informasi yang disajikan di museum ini beserta kuantitas serta kualitas barang pameran merupakan yang terbaik, bukan saja di seluruh Sumatera Utara, bukan juga seluruh Indonesia, namun hingga ke seluruh dunia, sehingga wajar jika pusat suku batak berada diseputaran danau toba dan sekitarnya.
  Permasalahan
Bagaimana pengelolaan sektor wisata ini dapat menumbuhkan peran serta masyarakat  dalam mempertahankan budaya serta adat istiadat masyarakat sehingga dapat meningkatkan kunjungan turis asing dan lokal dalam mengapresiasi budaya batak ?
Apa yang harus dilakukan secara lebih intensif lagi dalam mengelola sektor wisata ini sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah sekitar dengan prinsip pengelolaan yang berkelanjutan bagi pihak-pihak terkait ?
Tujuan
Tujuan dari adanya peningkatan dan penilaian kualitas dari sektor ini adalah sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan wisata dan pendapatan daerah ke tanah batak, juga akan mempermudah mobilitas warga Tapanuli yang tinggal di Batam. Batam dan Tapanuli akan diuntungkan dengan rute baru ini yang dikembangkan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar